himperrajaya No Comments

Asosiasi Pengembang dan Pemukiman Peurmahan Rakyat Seluruh Indonesia yang disingkat dengan sebutan “APERSI” adalah sebuah organisasi profesi dari Para Perusahaan Property (Developer) yang memiliki konsern dalam hal membangun dan mengembangkan pemukiman dan perumahan untuk pemenuhan kebutuhan rumah bagi kalangan masyarakat menengah ke bawah.

Pembentukan dan pendirian organisasi “APERSI” tersebut, setidak-tidaknya ada dua (2) tujuan pokok, yaitu :

a. Sebagai wadah untuk menampung aspirasi dan sekaligus sebagai alat untuk memperjuangkan kepentingan dan harapan akan terbitnya sebuah Kebijakan Pemerintah, yang mendukung dan menguntungkan sektor dunia usaha yang dijalankan oleh Seluruh Anggota APERSI.
b. Sebagai Mitra Kerja Pemerintah, yang dalam hal ini adalah Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat R.I untuk turut berperan aktif sekaligus memberikan kontribusi yang konkrit dalam setiap proses Pembangunan Ekonomi Nasional, khususnya dalam bidang Pengadaan dan Pemenuhan Kebutuhan akan perumahan dan permukiman bagi masyarakat kelas menengah ke bawah.

Bahwa untuk mampu mewujudkan kedua tujuan pokok tersebut di atas, maka keberadaan eksistensi Kelembagaan Organisasi “APERSI” yang kuat, professional, mandiri dan solid atau utuh adalah merupakan sebuah keharusan yang bersifat mutlak. Namun ironisnya, keberadaan Organisasi “APERSI” sedang mengalami kemelut yang tidak berkesudahan hingga sampai saat ini.

Adanya kemelut Dualisme Kepengurusan DPP. APERSI yang berkepanjangan tersebut, melahirkan sebuah kesadaran dari Seluruh Anggota dan pengurus DPD APERSI di seluruh Indonesia untuk segera melakukan upaya rekonsiliasi demi terwujudnya PENYATUAN KEPENGURUSAN DPP. APERSI dari kedua kubu yang bertikai.

Bahwa untuk meng-konkritkan upaya PENYATUAN KEPENGURUSAN DPP. APERSI tersebut diatas, maka dalam pelaksanaan MUNAS DPP APERSI KE-V di Hotel Grand Kempinsky, Jakarta, telah melahirkan sebuah keputusan yang sangat strategis, penting dan mendesak, diantaranya berupa :
a. Memerintahkan Kepengurusan DPP. APERSI terpilih untuk berusaha dengan sungguh-sungguh melakukan upaya rekonsiliasi dengan Kubu Ketua Umum DPP. APERSI di bawah Kepemimpinan Saudara DJANAIDI demi terwujudnya SATU KEPENGURUSAN DPP. APERSI dengan batas waktu 3 (tiga) bulan sejak pelaksanaan MUNAS DPP. APERSI KE- V.

b. Apabila hingga batas waktu yang telah ditentukan, belum tercapai PENYATUAN SATU KEPENGURUSAN DPP. APERSI maka seluruh Anggota dan Pengurus DPD-DPD APERSI seluruh Indonesia, memberikan mandat kepada Kepengurusan DPP. APERSI terpilih, untuk membentuk dan mendirikan organisasi baru.

c. Bahwa dengan terbentuknya organisasi baru tersebut, maka seluruh Anggota APERSI dan seluruh Pengurus DPD APERSI diseluruh Indonesia yang berada di bawah kepemimpinan Saudara Ir. ENDANG KAWIDJAJA, menyatakan setuju untuk meleburkan dirinya pada organisasi baru yang telah dibentuk dan didirikan oleh DPP. APERSI.

Mengingat hingga batas waktu yang telah ditentukan belum berhasil mewujudkan proses PENYATUAN KEPENGURUSAN DPP APERSI, maka atas dasar melaksanakan amanat Hasil Keputusan Rapat Pleno Diperluas, tertanggal 18 April 2018, DPP. APERSI dibawah Kepemimpinan Saudara Ir. ENDANG KAWIDJAJA, membentuk dan mendirikan organisasi profesi baru yang bernama “Himpunan Pengembang Pemukiman dan Perumahan Rakyat (HIMPERRA)”.